KB TK SD SMP SMA SMK

Terakreditasi A

SEKOLAH MAITREYAWIRA
BATAM

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

PENGUMUMAN

Pengumuman Lainnya

HASIL UN 2014

Hanya untuk pelajar SMW Batam

TKK Karyawan

Hanya untuk karyawan SMW Batam

*Hanya untuk tingkat SD & SMP

LIHAT DISINI

Festival Perahu Naga

Lomba perahu naga ini (Dragon Boat) atau Mandarinnya disebut Duan Wu Jie. Festival ini berasal dari salah satu perayaan budaya tradisional Tiongkok yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun. Perlombaan ini dirayakan biasanya pada tanggal 5, bulan 5 pada penanggalan kalendar Lunar setiap tahunnya atau jatuh pada bulan Juni pada penanggalan internasional (Gregorian).

 

Menurut legendanya seorang mantan menteri dan penasihat kaisar yang jujur dan setia, Qu Yuan (340-278 SM), difitnah dan dipecat dari kerajaan Chu pada jaman periode negara-negara berperang (475-221 SM), Qu Yuan kemudian menjadi rakyat jelata dan seorang penyair serta pujangga yang terkenal di Tiongkok.

Qu Yuan (340-278 SM), melakukan bunuh diri dengan meloncat ke sungai Miluo (propinsi Hunan) sebagai bentuk protes dan kekecewaannya atas perilaku pejabat lainnya yang menyebabkan kekalahan negara Chu oleh Qin sejak kepergiannya.

 

Rakyat yang merasa kehilangan Qu Yuan yang dicintainya itu, berupaya untuk mencari jenazahnya, Penduduk setempat mencari jenazah Qu Yuan dengan menggunakan perahu sambil memukul tambur agar para ikan pergi menjauh. Dari sinilah lahir sebuah tradisi perayaan dalam kebudayaan Tionghoa untuk mengenang Qu Yuan setiap tahunnya.

 

Perlombaan "dragon boat" ini sekarang telah menjadi sebuah olahraga air yang populer dan tercepat pertumbuhannya di dunia sekarang. Popularitasnya bukan saja di negara-negara Asia Timur, tetapi juga telah menyebar ke negara lainnya seperti di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Afrika, Karibia dan terutama di Kanada (Vancouver, Toronto dan Ottawa) dimana setiap tahunnya diselenggarakan perlombaan Dragon Boat yang menarik ribuan pengunjung untuk menyaksikannya.

Saat kini sudah terbentuk beberapa organisasi perahu naga internasional seperti International Dragon Boat Federation (IDBF), Asian Dragon Boat Federation (ADBF) dan European Dragon Boat Federation (EDBF). Perahu Naga tersebut dibedakan dalam dua kategori, yaitu antara perahu naga yang digunakan untuk kompetisi dan perahu naga yang dipergunakan untuk festival yang biasanya lebih berbentuk tradisional dan informal.

 

Biasanya perahu naga ini diperlombakan pada jarak-jarak sekitar 200 m atau 250 m, 500 m, 1000 m dan 2000 m. Kompetisi kejuaraan dunia Dragon Boat ini diselenggarakan setiap tahunnya di beberapa negara yang dimulai sejak pertama kalinya pada tahun 1995 di Yueyang, Tiongkok. Perlombaan perahu naga ini telah menjadi bagian dari cabang olahraga yang diperlombakan pada SEA Games, Asian Games, Asian Beach Games.

 

 

Sumber

Copyright © 2013 Sekolah Maitreyawira。All Rights Reserved.